Selamat Datang

Cara Mudah Memiliki Bisnis Tiket Pesawat Online Akhirnya Ditemukan !

JADILAH JUTAWAN-JUTAWAN BARU
DARI BISNIS TIKET PESAWAT ONLINE


Jika Anda Bisa Mengetik dan Akses Internet, Anda Sudah Memiliki Syarat yang Cukup Untuk Menghasilkan Uang dari Bisnis Tiket Pesawat Online


http://www.agen-tiket-pesawat.com/

http://www.agen-tiket-pesawat.com/2013/05/cara-daftar-keagenan.html

Wayang Kulit, Keren dan Bisa Dibanggakan

Sebenarnya ini hari yang sangat baik untuk bermalas-malasan di rumah dan tidur saja. Atau minum minuman dingin dan baring-baring di tempat tidur. Tapi saya punya niat lain. Hari ini saya ingin berwisata budaya. Jadi pagi menjelang siang, saat langit berawan, dan udara yang naik dari jalanan aspal di Yogyakarta begitu panas, saya meluncur ke Dusun Gendeng, Desa Bangunjiwo, Kecamatan Kasihan, Bantul, Yogyakarta. Saya mendatangi kerajinan wayang kulit di Bantul. Ada banyak pengrajin wayang kulit di daerah sini tapi saya mengarahkan kendaraan ke rumah Pak Sukino. Saat motor berhenti di depan rumahnya, Pak Sukino baru membersihkan tangannya.
Plang di atas pintu rumah pengrajin wayag kulit, Pak Sukirno.

Mengapa wayang kulit? Karena ini adalah bagian dari kebudayaan Indonesia yang harus kita lestarikan. Untuk pemasukan negara, kita tidak hanya akan menjual tempat wisata atau makanan enak, bukan? Ketika turis asing atau domestik datang ke sebuah tempat, tentu ia ingin membawa pulang suvenir, dan suvenir bisa macam-macam ‘kan? Dan wayang kulit adalah salah satu suvenir yang bisa kita banggakan.

Lalu, sekian pertanyaan saya luncurkan ke Pak Sukino. Umurnya 50an tahun, tapi  wajahnya masih sangat segar dan kulitnya masih kencang. Beliau lebih tampak seperti usia akhir 30-an atau pertengahan usia 40-an. Berikut hasil obrolan saya dengan Pak Sukino.

Bahan dasar wayang kulit adalah kulit kerbau. Kulit kerbau adalah bahan terbaik yang kuat menghadapi perubahan cuaca ekstrim. Ada juga yang membuat wayang dari kulit sapi atau kambing, tapi kulit kerbaulah yang memiliki ketahanan terbaik. Kulit kerbau yang bagus, menurut Pak Sukirno, didatangkan dari daerah Toraja di Sulawesi Selatan. Dalam rumahnya, saya melihat beberapa gulungan kulit yang sudah jadi yang diletakkan di meja.

Wayang kulit yang belum jadi dan wayang kulit yang siap pakai.

Langkah-langkah pembuatan wayang sendiri tidak banyak, tapi membutuhkan ketelitian dan kesabaran yang luar biasa. Untuk satu boneka wayang kulit kecil berukuran 30-an cm, paling tidak butuh 1 minggu pengerjaan. Makin besar ukuran, makin sulit pola (gambar)nya, tentu makin lama membuatnya. Kesulitan pengukiran inilah yang membuat harga satu boneka wayang kulit bisa mahal. Tapi kalau Klikers datang sendiri ke pengrajinnya, harganya bisa lebih murah. Untuk gambar pola wayang, menurut Sukino, gambar sekarang mudah diambil di internet, tapi kalau tidak ada, ya harus berimajinasi sendiri untuk mendapatkan polanya.


Proses sketsa gambar pada kulit yang sudah dipotong.

Proses pembuatan wayang kulit dimulai dari sketsa gambar wayang dengan pensil pada kulit kerbau yang sudah digunting dari gulungan tadi. Selanjutnya adalah pemotongan bentuk gambar, pembuatan alur mengikuti sketsa dengan jarum, pengukiran, pewarnaan, diberi tangkai, dan pengeringan. Yang paling lama adalah proses pengukiran. Di sinilah saya bisa melihat begitu detilnya pengukiran ini dilakukan. Alat untuk mengukir sendiri ada banyak. Bentuknya seperti paku, tapi memiliki ujung dan ukuran yang berbeda-beda.
 Berbagai alat untuk mengukir kulit mengikuti sketsa.

Hasil ukiran dengan detil yang begitu kecil.
Kalau melihat hasil akhirnya, satu milimeter dengan satu milimeter berikutnya berbeda warna, saya takjub dengan kesabaran tingkat tinggi para pengrajin wayang kulit. Detil yang mengikuti pola sketsa wayang kulit membutuhkan mata yang tajam, ketelitian luar biasa, dan kesabaran berlapis-lapis untuk menyelesaikan satu boneka wayang kulit.

Pak Sukino sedang mengukir wayang kulit.

Setelah jadi, marketingnya pun harus sabar. Orang yang membeli wayang kulit tidak banyak. Dulu, tahun 1970an para pengrajin ini punya masa jaya. Suvenir wayang kulit dari Indonesia begitu diminati banyak orang dan turis asing. Salah satu pengukir wayang kulit yang sudah terkenal adalah Pak Sagio yang juga tinggalnya tidak jauh dari Pak Sukino ini. Zaman Presiden Soeharto, Mbak Tutut (puteri pertama Soeharto) membawa Pak Sagio untuk pameran ke luar negeri.

Mewarnainya menggunakan kuas lho. Detil sekali bukan?

Kini dengan peminat yang sepi, wayang kulit kalah pamor dari suvenir-suvenir lainnya. Sayang sekali, jika kebudayaan bangsa Indonesia yang dapat dibanggakan ini hilang. Kewajiban kita sebagai generasi muda sekarang adalah melestarikannya sehingga keberadaannya masih tetap dikenal untuk generasi yang akan datang. Saya sendiri membeli pembatas buku yang berbentuk wayang kulit mini dari Pak Sukino. Tidak banyak sih, tapi semangat, kesabaran, dan keahlian mengelolanya, menjadi pelajaran tersendiri buat saya untuk punya sikap yang sama menghadapi persoalan hidup. Lebih teliti dan sabar. Tidak mengabaikan hal-hal kecil, tapi justru belajar makin dewasa dari situ. Aih, jadi curcol nih? Hahaha..saya terinspirasi dari wisata budaya wayang kulit, saya ingin membagikan insipirasi kepada banyak orang dengan menulisnya.


Sebuah bonea tokoh wayang kulit  yang sudah jadi diperagakan oleh Pak Sukino.

Dan, hei, bukankah, wayang kulit bisa jadi model untuk bikin film animasi, sketsa di kaos, kipas, lukisan, dan banyak lagi yang bisa kita jual untuk mendapatkan pemasukkan buat negeri ini? Bukankah kalau pemasukan untuk negara ini banyak, rupiah menguat? Kalau rupiah menguat, perekonomian baik, Klikers bisa jalan-jalan dan makan-makan lagi ke berbagai tempat ‘kan? Nah, kalau bukan kita, siapa lagi, kalau bukan sekarang, kapan lagi?

Sumber : http://klikhotel.com/blog/wayang-kulit-keren-dan-bisa-dibanggakan/

==================================================================

NB: Kami membuka peluang usaha bisnis tiket pesawat online,Tiket Kereta Api dan Voucher Hotel Online, untuk menjadi member tidak sesulit yang anda bayangkan, bisa dilakukan kapan saja dimana saja oleh anda yang berprofesi sebagai karyawan, pengusaha, ibu rumah tangga, mahasiswa, atau siapa saja dengan modal terjangkau hanya Rp. 150.000,- 

BISNIS YANG BIASA TETAPI MEMILIKI
POTENSI PENGHASILAN YANG LUAR BIASA
TANPA HARUS DEPOSIT !!
Untuk Pendaftaran silahkan klik Icon di bawah ini, anda akan diarahkan ke Halaman Formulir pendaftaran di Website utama kami " www.birotiket.com "

PELAJARI CARA BOOKING TERBARU KAMI YANG SEMAKIN SIMPEL, Klik Gambar di bawah, kunjungi Laman

PELAJARI CARA BOOKING TERBARU KAMI YANG SEMAKIN SIMPEL, Klik Gambar di bawah, kunjungi Laman
Klik Gambar Kunjungi Laman
Legalitas Perusahaan

PT. ANTA UTAMA

Jl. Dhoho Gg Masjid Setono Gedong No. 3, KEDIRI

JAWA TIMUR - INDONESIA

Akta Notaris No. : 17, Tanggal : 15 Januari 2009

SK Kehakiman No. : AHU-1475.AH.01.01 Tahun 2009

Ijin Usaha Pariwisata No. : 556/11/419.45/2009

SIUP No. : 503.5/033/419.38/2009

TDP No. : 13.11.1.63.00368

NPWP No. : 02.666.101.7-622.000

Sertifikat ASITA No. : 0343/XII/DPP/2009

PT. ANTA UTAMA Adalah Perusahaan Biro perjalanan yang berpengalaman di bidang : Transportasi, ticketing, dokumen perjalanan, Haji/umroh, dan Tour pariwisata. Sudah ribuan bahkan jutaan orang yang telah menikmati jasa pelayanan kami.

Sesuai nama perusahaan ANTA ( dalam bahasa Arab ) yang berarti Anda atau Kamu dan UTAMA yang berarti : Mulya atau Prioritas, maka sesuai dengan nama di atas kami berkomitmen untuk selalu menjadikan anda sebagai prioritas pelayanan kami.

Disamping Arti secara etimologi, nama di atas juga mempunya nilai filosofi yang sangat mendalam yang tidak mungkin kami uraikan di tempat ini.


OFFICE PT. ANTA UTAMA

OPERATOR TICKETING PT. ANTA UTAMA